Cara Mengganti Background di Photoshop Cs6

Mengganti Background Photosop di Cs6 – Dalam sebuah foto yang dihasilkan dari sebuah kamera memiliki objek dan juga background, dimana objek merupakan mahluk hidup/manusia dan juga benda, sedangkan background merupakan latar belakang dari sebuah foto tersebut.

Mengganti sebuah Background pada foto merupakan hal yang biasa dalam dunia photography, hal tersebut juga bertujuan sebagai editing foto yang dapat membuat foto lebih menarik.

Mengganti background biasanya digunakan seperti foto formal yang digunakan untuk lamaran kerja maupun untuk persyaratan lainnya. Selain itu juga mengganti background dapat dilakukan dalam sebuah photo sakral seperti dalam sebuah pernikahan yang memiliki latar belakang kurang menarik.

Dalam topik kali ini fiotekno.com akan berbagi cara nya untuk mengganti atau menghapus background foto dengan sebuah software yang tersedia pada perangkat PC maupun Laptop yaitu Menggunakan Adobe Photosop. Berikut ini langkah-langkahnya.

Baca juga: WhatsApp Aero 2020 Versi 10.23 Terbaru

Mengganti Background menggunakan Aplikasi Photosop

Cara Mengganti Background Photoshop Cs3 dengan Mudah

Di bawah ini kita akan mengikuti langkah-langkah mengganti Background foto menggunakan Photoshop, diharapkan kita bisa dapat untuk mengganti background foto maupun latar belakang dalam foto dengan bebas dan dengan kemauan sendiri serta kreativitas kita. Nah sebelum mengikuti langkahnya, pastikan bahwa kita sudah install software Adobe Photoshop agar bisa langsung kita digunakan.

1.Buka Aplikasi

Hal pertama kita buka dahulu aplikasi Adobe Photoshop. Lalu selanjutnya kita dapat langsung masukkan foto sesuai dengan yang ingin dirubah pada backgroundnya.
Caranya yaitu dengan pilih menu File lalu Open dan kita Pilih Foto yang ada di perangkat, kemudian kita klik Open dan mulai mengedit sebuah foto dalam Photoshop.

2. Mengubah Background

Pastikan juga kita tidak akan lupa agar mengubah di bagian layer Backgroundnya sehingga menjadi Layer 0. Cara melakukannya dengan double klik pada layer background. Apabila muncul popup New Layer, selanjutnya klik OK supaya dapat melanjutkan proses.

3. Pilih Lasso Tool

Selanjutnya hal yang terpenting dari editing ini dengan cara melakukan sebuah seleksi di foto. Pada toolbar dalam software yang tersedia, pilih Lasso Tool lalu tahan hingga muncul sebuah tiga pilihan tool lainnya. Supaya untuk memudahkan pada sebuah pekerjaan, kita bisa menggunakan Magnetic Lasso tool.

4. Seleksi gambar

Selanjutnya dapat langsung melakukan sebuah seleksi pada bagian objek dimana ingin kita tampilkan. Kemudian ikuti pada bagian pinggir di foto hingga mengelilinginya. Di saat melakukan seleksi, dapat dengan mudah klik pada bagian tertentu supaya dapat memberikan sebuah anchor point.

Jika kita ingin menghilangkan sebuah anchor point dimana salah, dapat langsung klik tombol pada Delete.

5. Klik Inverse

Jika kita sudah selesai dalam seleksi foto, terdapat sebuah garis-garis yang putus dan terus bergerak. Lalu selanjutnya yang dapat kita lakukan yaitu dengan membalik seleksi, dengan cara klik pada menu Select lalu klik Inverse. Dan kemudian klik tombol Delete.

6. Ctrl D

Selanjutnya kita perlu menghilangkan sebuah garis-garis seleksi dengan cara klik bersamaan tombol Ctrl + D.

7. Masukan Background

Kemudian baru kita masukkan sebuah background maupun latar belakang pada foto yang diperlukan. Lalu klik drag file foto pada Windows Explorer di jendela Adobe Photoshop yang sedang kita buka.

8. Atur Ukuran Background

Selanjutnya kita bisa untuk mengatur sebuah ukuran background ini dengan melakukan cara perbesaran proporsional. Kemudian klik dan juga drag sebuah foto pada bagian ujung foto kemudian klik tombol secara bersamaan Shift + Alt. Jika sudah, selanjutnya tinggal double klik di foto maupun juga dan klik ikon centang di bagian atas.

9. Drag ke Layar Background

Jika sudah pas, kita hanya tinggal memindahkan dalam bagian posisi dimana layer background berada pada bawah foto dimana sudah kita seleksi. Pada jendela Layer, kita bisa langsung melakukan klik juga drag di bagian yang bawah. Jika belum pas, dapat juga menggeser posisi di bagian background sesuai keinginan kita.

10. Simpan

Langkah terakhir, kita bisa menyimpannya langsung foto hasil editan ini dengan melakukan pilih menu File lalu klik Save As. Bisa juga klik secara bersamaan tombol Ctrl + Shift + S. Lalu kita ganti tipe file yang ada pada kolom menjadi Save as type kemudian isi juga File Name. Dan tinggal klik Save.

Baca juga: Cara Main Worm animal dan Cara Main Bareng dengan 7 Tips Jitu

Akhit Kata

Itulah cara mengganti Background maupun latar belakang menggunakan software Adobe Photosop. Langkah di atas merupakan langkah yang mudah untuk kita lakukan dalam merubah maupun menghapus background photo. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Untuk informasi tekno selengkapnya di Fiotekno.com.

Baca juga: Cara Download Foto di Instagram dengan mudah

Tinggalkan komentar