Bantuan Langsung Tunai Rp3,55 Juta Buruan Daftar Prakerja

Bantuan Langsung Tunai – Ditengah pandemi Corona Virus (Covid-19) yang saat ini sedang melanda Indonesia, pemerintah gencar melakukan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat. Hal ini bertujuan untuk membantu ekonomi masyarakat agar dapat kembali normal, BLT tersebut juga dinilai dapat membantu masyarakat kehilangan mata pencariannya.

Salah satu Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang saat ini sedang dilakukan yaitu Bantuan dalam program Prakerja Gelombang 9. Pada program ini tidak ditunjukan bagi yang sedang mencari Pekerjaan saja, namun juga berlaku bagi karyawan, buruh dan juga pegawai. Dengan mengisi No Induk Kependudukan (NIK) dan No Kartu Keluarga (KK) peserta berhak mendapatkan insentif bantuan sebesar Rp 3.500.000 dari pemerintah.

Insentif bantuan Langsung tersebut di bagi menjadi 3 yaitu untuk bantuan pelatihan sebesar Rp 1juta, Insentif paska pelatihan sebesar Rp 600.000/bulan selama 4 bulan dan Insentif kebekerjaan sebesar Rp 150.000. Selain dengan memiliki nomor NIK dan nomor KK, peserta juga harus minimal usia 18tahun dan tidak sedang sekolah maupun kuliah.

Untuk melakukan pendaftaran calon penerima kartu prakerja dapat melalui Online maupun Offline, namun terdapat perbedaan cara pendaftaran yang diberlakukan pada gelombang 4 ini dibandingkan dengan gelombang sebelumnya. Adapun cara yang berbeda seperti peserta diharuskan melakukan selfie terlebih dahulu ketika daftar kini di hapuskan.

Baca juga: Cara dan Syarat Daftar BLT PKH Kemensos Rp 500 Ribu Per KK

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Online

Bantuan Langsung Tunai (BLT) 3,55 Juta, Buruan Daftar Prakerja

Bagi calon penerima kartu prakerja yang ingin mengajukan pendaftaran Kartu Prakerja harus mempersiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan juga Nomor Kartu Keluarga (KK). Untuk melalui Online peserta dapat membuka laman resmi prakerja di situs https://www.prakerja.go.id atau dapat Klik Disini. Berikut ini 3 syarat yang harus dipenuhi bagi peserta prakerja.

1. Memiliki Nomor NIK yang benar

Calon penerima kartu prakerja di harapkan mengetahui dan benar dalam memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantuk pada KTP maupun pada Kartu Keluarga (KK). Bagi peserta juga wajib mengikuti prakerja di usia minimal 18 tahun dan setelah mempunyai KTP di usia 17 tahun.

Jumlah Nomor Induk Kependudukan yang banyak pada KTP membuat peserta menjadi bingung dan banyak yang salah dalam memasukan Nomor tersebut. Sehingga bagi para calon penerima kartu prakerja yang ingin memasukan NIK tersebut diharapkan dengan benar dan teliti agar tidak salah dalam memasukan.

2. Mengetahui Nomo KK Yang benar

Sama hal nya seperti NIK, dalam memasukan No KK juga harus dilakukan dengan benar dan teliti, hal ini dapat mempengaruhi keberhasilan. Agar tidak terjadi kesalahan, dimohon untuk periksa kembali dengan benar dan teliti No KK yang terdapat pada bagian atas Kartu Keluarga yang ingin kita masukan.

3. Isi Ulasan dan Rating Pelatihan

Apabila kalian lolos dan terdaftar dalam kartu prakerja, namun tidak mengisi serta melengkapi dua hal yaitu ulasan dan Rating pelatihan. Maka proses untuk pencairan Insentif pada Prakerja gagal dan tidak akan masuk. Agar dapat berjalan dengan lancar dan lolos diharapkan isi semua termasuk ulasan dan rating pelatihan.

Apabila calon penerima kartu prakerja lolos dalam seleksi, maka peserta dapat melihat nomor kartu prakerja serta status saldo pada Dashboard akun, namun apabila tidak lolos maka terdapat notifikasi pada Dashboard akun prakerja. Peserta yang gagal dapat mengikuti seleksi berikutnya tanpa perlu mengikuti kembali proses pendaftaran dari awal.

Baca juga: Cara dan Syarat Bantuan UMKM 2020 Rp 2,4 Juta

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Offline

Bagi calon penerima kartu prakerja yang ingin mendaftar melalui Offline (luring), bisa melakukannya melalui pemerintah daerah pada Dinas Ketenagakerjaan atau kementrian ketenagakerjaan. Calon penerima juga bisa melakukan pendaftaran secara individu maupun secara kolektif.

Apabila dalam pendaftaran calon penerima kartu prakerja gagal, diharapkan memeriksa kembali No NIK dan No KK secara teliti, dan apabila nomor NIK dan KK benar tetapi masih gagal, calon penerima Kartu prakerja dapat menghubungi call center Dukcapil pada nomor 1500-538 maupun bisa datang ke Dukcapil terdekat dikota masing-masing.

Tinggalkan komentar