Cek Nama Penerima BLT di BPJS Ketenagakerjaan

Cek Nama Penerima BLT di BPJS Ketenagakerjaan –  Kabar gembira bagi karyawan swasta yang mendapatkan Upah/Gaji di bawah 5 juta, hal tersebut dikarenakan bagi karyawan swasta dengan gaji di bawah 5 juta/bulan akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 600 Ribu. Program tersebut diberikan oleh pemerintah kepada karyawan swasta di tengah kondisi Corona Virus (Covid 19) seperti saat ini.

Untuk program tersebut akan di berikan pada tanggal 25 Agustus 2020, namun syarat untuk mendapataknya pekerja harus terdaftar terlebih dahulu dalam BPJS KETENAGAKERJAAN. Bantuan tersebut juga akan diberikan selama 4 bulan kepada karyawan swasta yang memiliki gaji di bawah 5 juta/bulan dengan 2kali pencairan, dengan hal ini pekerja bisa mendapatkan total 1,2 juta setiap kali pencairannya.

Pemerintah melalui  Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah sebelumnya mengatakan bahwa bantuan ini akan di berikan kepada pekerja pada tanggal 25 Agustus 2020, namun hal tersebut batal dilakukan dikarenakan ada pengecekan ulang data rekening penerima. Kendati demikian ida memastikan penyaluran subsidi kepada pekerja akan disalurkan pada akhir bulan agustus.

Bantuan langsung tunai ini akan diberikan kepada pekerja sebesar Rp 600 Ribu per bulan selama 4 bulan dengan 2 kali pencairan. Dalam pencairannya pemerintah akan memberikan subsidi tersebut melalui transfer via rekening setiap 2 bulan sekali, namun ntuk syarat mendapatkannya sendiri pekerja harus terdaftar dalam BPJS KETENAGAKERJAAN. Berikut ini merupakan cara untuk daftar sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai.

Baca juga: Cek KTP Anda di Sistem Online Data Penerima BantuanSosial

Cara Periksa Nama dalam Keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan

Untuk dapat mengetahui pekerja terdaftar sebagai penerima subsidi dari pemerintah, dapat cek status dalam BPJS KETENAGAKERJAAN. Berikut ini merupakan 3 cara untuk memeriksa nama sebagai penerima bantuan dalam BPJS KETENAGAKERJAAN.

1. Melalui Website

Cek Nama Penerima BLT di BPJS Ketenagakerjaan

Untuk dapat memeriksa keikutsertaan dan juga saldo dalam BPJS KETENAGAKERJAAN dapat dilakukan melalui laman resmi BPJS sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Namun apabila belum terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan dapat melakukan registrasi terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut.

  • masuk pada laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Selanjutnya pilih menu registrasi.
  • Kemudian isi formulir tersebut sesuai dengan data seperti:
    – No KPJ Aktif
    – Nama
    – Tanggal lahir
    – No e-Ktp
    – Nama Ibu kandung
    – No Pponsel dan email.

Apabila sudah di daftarkan dan berhasil, kita akan mendapatkan sebuah PIN yang nantinya akan dikirim melalui SMS maupun email yang sudah di daftarkan. Sementara itu untuk mengecek keikutsertaan dalam BPJS Ketenagakerjaan melalui website adalah sebagai berikut:

  • Yang pertama kita masuk pada laman resmi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Kemudian masukan alamat email pada kolom user.
  • Selanjutnya masukan kata sandi.
  • Apabila sudah masuk kita pilih menu layanan.

2. Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Cek Nama Penerima BLT di BPJS Ketenagakerjaan

  • Instal aplikasi BPJSTK Mobile pada iOS maupun Android.
  • Kemudian registrasi untuk mendapatkan sebuah PIN, dimana untuk registrasi harus mengisi No KPJ, NIK e-Ktp, tanggal lahir dan juga nama.
  • Setelah melakukan pendaftaran login, peserta bisa mengetahui status dalam kepesertaan BPJAMSOSTEK.
  • Selanjutnya kita dapat pilih pada kartu digital.

Apabila sudah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, kemudian klik pada tampilan tersebut. Pada bagian bawah dapat terlihat status kepesertaan dalam BPJS Ketenagakerjaan aktif/tidak.

3. Melalui Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cek Nama Penerima BLT di BPJS Ketenagakerjaan

Untuk dapat mengetahui cara sederhana dalam keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan, kita dapat langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, namun peserta juga diwajibkan membawa persyaratan untuk mengetahui kepesertaannya.

Akhir Kata

Itulah cara bagaimana mengecek nama penerima BLT bagi pekerja atau karyawan swasta pada BPJS Ketenagakerjaan, cara di atas dapat kita coba dengan melakukan register terlebih dahulu. Pastikan kita memiliki KPJ yang masih aktif, hal tersebut dikarenakan menjadi salah satu syarat untuk mengecek. Bagi yang ingin mencoba dapat melakukan salah satu dari ketiga cara di atas, selamat mencoba.

 

 

Tinggalkan komentar