Cara Aktifkan Hapus Pesan WhatsApp secara Otomatis

WhatsApp Saat ini menjadi sebuah aplikasi chat yang banyak digunakan oleh banyak masyarakat, aplikasi ini memiliki beragam fitur didalamnya sehingga sangat membantu penggunanya dalam melakukan komunikasi. Salah satu fitur terbaru dari WhatsApp yaitu dapat mengaktifkan hapus pesan WhatsApp secara otomatis yang bisa membantu penggunanya untuk membersihkan obrolan pesan.

Nama untuk fitur tersebut yaitu Dissapering messages atau pesan sementara, dengan mengaktifkan fitur ini anda tidak perlu lagi khawatir obrolan pesan anda di baca maupun dikutip oleh orang lain. Hal tersebut karena apabila anda mengaktifkan fitur WhatsApp tersebut maka chat maupun obrolan kalian secara otomatis akan terhapus di hari ke 7.

Fitur Dissapering messages atau pesan sementara sudah ada pada perangkat iOS, Android, WhatsApp Web dan juga KaiOS. Pada Chat individu semua pengguna WhatsApp dapat mengaktifkan fitur ini, namun pada Grup WhatsApp fitur tersebut hanya dapat diaktifkan oleh admin grup sebagai pemegang kendalinya.

Apa Itu Fitur Hapus Pesan Otomatis atau Dissapering Messages

Cara Aktifkan Hapus Pesan WhatsApp Otomatis

Dissapering messages atau pesan sementara merupakan sebuah fitur baru yang sudah dirilis dalam aplikasi pesan WhatsApp, fitur ini diluncurkan sebagai fitur yang dapat menghapus pesan secara otomatis pada hari ke 7 setelah obrolan tersebut berlangsung.

Namun jika pesan sementara ini diteruskan kepada pengguna WA yang menonaktifkan fitur tersebut, maka secara otomatis pesan tersebut tidak hilang pada chat yang diteruskan.

Apabila pengguna telah membuat cadagan pesan sebelum pesan tersebut hilang, pesan sementara ini akan disertakan pada cadangan. Pesan sementara tersebut akan dihapus saat pengguna kembali memulihkan cadangan pesan.

Cara Aktifkan Fitur Hapus Pesan Otomatis atau Dissapering Messages

Cara Aktifkan Hapus Pesan WhatsApp Otomatis

Berikut ini merupakan cara mengaktifkan Dissapering messages atau pesan sementara yang dapat dilakukan pada perangkat Android, iOS, WhatsApp Web dan juga KaiOS.

  1. Yang pertama buka aplikasi WhatsApp, dan pastikan sudah mengupdate ke versi WhatsApp Inc yang terbaru.
  2. Setelah itu masuk pada obrolan pesan, cari kontak yang ingin anda aktifkan fitur pesan sementara.
  3. Buka kontak tersebut dan Scrool ke bawah hingga menemukan Dissapering messages atau pesan sementara.
  4. Ketuk dan nyalakan fitur tersebut.
  5. Selesai

Perlu menjadi sebuah catatan untuk pengguna yang menyalakan fitur hapus pesan secara otomatis atau Dissapering messages. Apabila kontak yang anda nyalakan fitur ini tidak juga mengupdate versi WhatsApp terbaru maupun mengaktifkan hapus pesan secara otomatis, maka pesan tersebut tidak dapat dibaca.

Akan muncul sebuah keterangan pada kontak yang anda kirim pesan tersebut seprti“Anda telah menerima sebuah pesan tetapi versi WhatsApp anda tidak mendukungnya”. Cara untuk kontak yang anda kirimi pesan tersebut dapat membacanya yaitu dengan mengaktifkan fitur tersebut.

Jika kedua perangkat ingin pesan tersebut terhapus dalam kurung waktu 7 hari, maka secara bersamaan harus mengaktifkan fitur Dissapering messages atau pesan sementara.

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai Cara Aktifkan Hapus Pesan WhatsApp secara Otomatis yang dapat kami ulas. Tentunya dengan menyalakan fitur ini, selain bisa menghapus pesan secara otomatis anda juga bisa menghemat ruang pada WhatsApp. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur terbaru pada WhatsApp bisa baca artikel lain pada Fiotekno.com.

Tinggalkan komentar