Cara Buat SKCK Secara Online Terbaru 2020

Cara Buat SKCK Secara Online Terbaru 2020 –  Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menjadi salah satu berkas yang wajib dilampirkan sebagai syarat bagi pelamar kerja maupun sebagai syarat CPNS yang lolos dalam seleksi CPNS tahun 2019 yang diumumkan hasil seleksinya pada hari jumat (30 oktober 2020) lalu. SKCK tersebut menjadi sebuah berkas yang setiap tahunnya sangat dibutuhkan.

SKCK ini adalah surat keterangan yang menyatakan bukti bahwa seseorang tersebut berkelakuan baik serta tidak pernah terlibat dalam sebuah tindakan kriminal maupun kejahatan sesuai dengan catatan kepolisian. Sedangkan untuk membuat SKCK tentu tidak sembarangan, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengaju.

Sedangkan untuk masa berlaku SKCK sendiri selama 6 blan sejak dari tanggal diterbitkan, dan SKCK sendiri bisa diperpanjang lamanya hingga 1 Tahun dan apabila masa berlakunya sudah habis, pengaju harus melakukan pengajuan pembuatan SKCK baru. Dama meengajukan SKCK biasanya kita harus mengantri dan menunggu lama dalam prosesnya, Namun saat ini hal tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Dengan mengajukan pembuatan SKCK secara Obline saat ini lebih mudah dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tentu membantu kita. Sehingga kita tidak perlu membutuhkan waktu lama dalam proses pembuatan SKCK. Berikut ini Fiotekno.com akan mengulas serta menjelaskan cara membuatan SKCK .

Cara Pembuatan SKCK

Untuk mendapatkans sebuah SKCK pemohon bisa langsung ke loket pembuatan SKCK yang tersedia di Polres maupun di Polsek setempat dengan membawa dokumen-dokumen pendukung dalam membuat SKCK tersebut serta mengisi formulir yang disediakan oleh petugas.

Selain dengan datang langsung ke kantor polisi terdekat, pemohon juga bisa melakukan pendaftaran pembuatan SKCK melalui Online dengan cara menggunggah atau upload dokumen yang menjadi persyaratan dan juga mengisi formulir yang tersedia sesuai dengan urutan.

Syarat Membuat SKCK Baru

Terdapat beberapa syarat dalam membuat SKCK baru, selengkapnya berikut ini:

  1. Membawa surat pengantar dari kantor Desa Domisili pemohon.
  2. Membawa Fotocopy identitas KTP/Sim sesuai dengan domisili yang tertera dalam surat pengantar Desa pemohon.
  3. Membawa Fotocopy Akta Kelahiran.
  4. Membawa Fotocopy Kartu keluarga.
  5. Membawa pas photo terbaru berwarna dengan background merah ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.
  6. Mengisi formulir daftar riwayat hidup yang disediakan di kantor polisi dengan benar dan jelas.
  7. Melakukan Sidik Jari pemohon oleh petugas.

Memperpanjang SKCK

Sedangkan untuk melakukan perpanjangan SKCK bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut ini:

  1. Membawa dokumen SKCK lama yang asli dan sudah dilegalisir.
  2. Membawa Fotocopy identitas KTP/Sim.
  3. Membawa Fotocopy Akta Kelahiran.
  4. Membawa Fotocopy Kartu keluarga.
  5. Membawa pas photo terbaru berwarna dengan background merah ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar.
  6. Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor polisi dengan benar dan jelas.

Itulah syarat dalam membuat SKCK langsung ke Kantor polisi, namun untuk mendaftarkan SKCK secara Online berikut ini merupakan Syarat dan Ketentuannya.

Warga Negara Indonesia

  1. Fotocopy identitas KTP dengan menunjukan KTP yang asli.
  2. Fotocopy Paspor.
  3. Fotocopy Kartu keluarga.
  4. Fotocopy Akta Kelahiran/Ijazah.
  5. Fotocopy identitas yang lain bagi yang belum memenuhi Syarat mendapatkan KTP.
  6. Pas photo terbaru berwarna dengan background merah ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar, memakai pakaian yang sopan, tampak muka secara utuh, dan bagi pemohon diharapkan emnggunakan jilbab.

Warga Negara Asing

  1. Ada surat permohonan dari sponsor, Perusahaan maupun lembaga yang memperkerjakan yang bertanggung jawab atas WNA tersebut.
  2. Fotocopy KTP dan juga surat Nikah jika sponsor merupakan dari Suami/Istri WNI.
  3.  Fotocopi Paspor.
  4. Fotocopy Kartu Izin Tinggal Terbatas atau KITAS maupun kartu Izin Tinggal Tetap.
  5. Fotocopy Surat Tanda Melapor atau STM dari kepolisian.
  6. Fotocopy IMTA dari KEMENAKER RI.
  7. Pas photo terbaru berwarna dengan background merah ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar, memakai pakaian yang sopan, tampak muka secara utuh, dan bagi pemohon diharapkan emnggunakan jilbab.

Cara Mengajukan SKCK Secara Online

Cara Mengajukan SKCK Secara Online

Untuk ypemohon yang ingin mengajukan pembuatan SKCK dapat mengakses melalui laman resmi dari polri di https://skck.polri.go.id atau dapat Klik Disini. Selanjutnya pemohon dapat mempersiapkan beberapa dokumen seperti KTP, photo 4×6, Kartu keluarga, paspor, Akta kelahiran/Ijazah serta sidikjari dalam bentuk Softfile.

Berikut ini merupakan langkah-langkah mengajukan SKCK Online:

  1. Yang pertama pilih menu form pendaftaran, Selanjutnya isi data sesuai dengan identitas diri seperti jenis keperluan dalam penerbitan SKCK, kemudian kesatuan wilayah dalam proses pembuatan dan juga tempat pengambilan SKCK, alamat, sampai cara untuk bayar.
  2. Sebagai tambahan sebuah informasi, ada dua pilihan untuk pembayaran, yaitu transfer via BRI Virtual Account dan juga tunai.
  3. Isi dengan lengkap formulir pendafataran tersebut dengan data diri pemohon yang benar serta unggah beberapa dokumen yang wajib pemohon untuk lampirkan
  4. Cetak kode registrasi Pemohon bisa membawa persyaratan SKCK serta kode registrasi yang selanjutnya diserahkan kepada petugas SKCK yang ada di kantor kepolisian yang sudah dipilih melalui website
  5. Selanjutnya isi formulir daftar pertanyaan yang ada pada kantor kepolisian
  6. Apabila berkas sudah lengkap, selanjutnya proses penerbitan SKCK bisa membutuhkan waktu 5-10 menit

Pemohon untuk WNI akan dikenai biaya dalam pembuatan SKCK tersebut sebesar Rp 30.000.

Akhir Kata

Itulah Cara Buat SKCK Secara Online Terbaru 2020, cara ini sangat mudah dan juga mudah serta tidak membutuhkan waktu yang lama dalam prosesnya, sehingga pemohon bisa melakukannya di rumah. Bagi yang sedang membutuhkan SKCK dapat membuatnya secara Online dengan mengikuti langkah-langkah diatas.

Tinggalkan komentar