Cara Daftar dan Cairkan Bantuan UMKM 2020 Rp 2,4 Juta

Bantuan UMKM 2020 Rp 2,4 Juta – Bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM memiliki peluang untuk mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 Juta melalui program pemerintah Banpres produktif. Program Banpres Produktif yang diberikan kepada usaha mikro merupakan strategi pemerintah untuk dapat membantu pelaku usaha mikro untuk tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Dengan bantuan presiden ini UMKM telah mendapatkan relaksasi mengenai subsidi bunga dan cicilan kredit. Namun insentif tersebut belum kuat untuk UMKM dapat memiliki kemampuan bertahan hidup.

Penyaluran Banpres sudah tercantum dalam Surat Kementrian Koperasi dan UKM dengan nomor 367/SM/VIII/2020 tanggal 4 Agustus 2020, mengenai pendataan program bantuan untuk pelaku usaha mikro. Untuk mendapatkan banpres tersebut pelaku usaha mikro harus melengkapi beberapa persyaratan mulai dari dokumen sampai surat pernyataan.

Jika kelengkapan belum terpenuhi maka saldo banpres akan ditahan, namun penahanan saldo tersebut tidak mempengaruhi rekening tabungan nasabah. Bantuan tersebut juga akan diberitahu oleh pihak Bank melalui sms, serta nasabah harus datang sendiri ke Bank dengan membawa:

  • Buku Tabungan
  • Atm
  • Identitas Diri (KTP)

Setelah nasabah sudah melengkapi dokumennya, kemudian pihak Bank akan menjelasakan beberapa hal untuk menghindari penipuan. Untuk bisa mengecek nama tercantum sebagai penerima, Anda bisa buka link eform.bri.co.id.bpum atau dapat klik Disini.

Penyerahan persyaratan di atas juga dilakukan di Bank tanpa dipungut biaya apapun. Adapun syarat dan kriteria penerima Banpres sebagai berikut.

Syarat dan Kriteria Banpres UMKM

  1. Yang pertama nasabah merupakan Warga Negara Indonesia.
  2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK),.
  3. Mempunyai usaha mikro.
  4. Bukan PNS, pegawai BUMN/BUMD atau TNI/Polri.
  5. Tidak mengikuti program kredit maupun pembiayaan dari KUR dan perbankan.
  6. Untuk pelaku usaha mikro yang mempunyai KTP serta domisili usaha yang berbeda bisa melampirkan Surat Keterangan Usaha.

Cara Mendaftar Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta

Program tersebut diberikan bagi pelaku UMKM yang diusulkan oleh lembaga pengusul bisa mengakses banpres Rp 2,4 juta dari pemerintah. Untuk lembaga pengusul tersebut diantaranya:

  1. Kementerian atau lembaga
  2. Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.
  3. Dinas yang bertanggung jawab atas koperasi dan UKM
  4. Koperasi yang telah disahkan menjadi badan hukum

Untuk pelaku UKM dapat melengkapi persyaratan yang dibutuhkan sebelum diusulkan untuk mendapatkan Banpres Produktif bagi pelaku Usaha Mikro. Berikut ini syarat nya:

  1.  NIK
  2. Nama lengkap
  3. Alamat tempat tinggal sesuai KTP
  4. Bidang usaha
  5. Nomor telepon.

Banpres Produktif UMKM senilai Rp 2,4 juta nantinya akan di kirim ke rekening pemerima/nasabah melaui bank penyalur yaitu BNI, BRI, dan Bank Syariah Mandiri. Bagi UMKM yang mendapatkan bantuan selanjutnya akan menerima notifikasi melalui pesan singkat SMS yang dikirim oleh bank penyalur.

Untuk UMKM yang belum memiliki rekening akan dibuatkan oleh pihak bank penyalur ketika pencairan dana Bansos Produktif. Sedangkan untuk dana bantuan UMKM sebesar Rp 2,4 juta akan diberikan langsung kepada nasabah yang sudah memenuhi syarat serta diusulkan lembaga pengusul.

Setelah mendapatkan pesan singkat dari pihak Bank, penerimaan banpres profuktif UMKM sebesar Rp 2,4 juta untuk pelaku usaha bisa langsung melakukan verifikasi data pada bank penyalur. Setelah dilakukan verifikasi data, proses pencarian untuk dana banpres produktif dapat selesai dilaksanakan oleh pelaku UMKM serta bank penyalur.
Banpres Produktif akan disalurkan kepada pelaku usaha mikro sampai September 2020. Usulan untuk bantuan UMKM sebesar Rp 2,4 juta selanjutnya akan ditutup apabila kuota sudah terpenuhi.

Banpres Produktif bagi Usaha Mikro tersebut merupakan dana hibah, yang artinya bukan dana pinjaman maupun kredit. Bagi penerima bantuan UMKM sebesar Rp 2,4 juta dalam penyalurannya kepada para pelaku usaha tidak dipungut biaya. Untuk dapat mengetahui nama yang sudah mengikuti program tersebut dapat melihatnya Disini.

Tinggalkan komentar