Cara & Syarat Daftar BLT PKH Kemensos Rp 500 Ribu Per KK

Cara dan Syarat Daftar BLT PKH Kemensos – Ada kabar gembira bagi masyarakat Indonesia, ditengah wabah Corona Virus (Covid 19) yang melanda dunia khususnya Indonesia, pemerintah kembali memberikan bantuan kepada masyarakat untuk memulihkan kembali perekonomian dan membantu masyarakat ditengah pandemi virus corona saat ini, salah satunya dengan memberikan Bantuan Langsung Tunai dari Kementrian Sosial kepada Keluarga Sejahtera.

Di bulan september ini pemerintah Indonesia melalui Kementrian Sosial (Kemensos) segera memberikan Bantuan Langsung tunai (BLT) sebesar Rp 500 ribu kepada masing-masing kepala keluarga (KK). Namun ada cara dan juga syarat untuk masyarakat untuk bisa menerima BLT ini.

Seperti yang dilansir dari laman resmi Kemensos, Pemerintah menganggarkan dana seilai Rp 4,5 Triliun. Menurut Asep Sasa Purnama Dirjen FPM Kementrian Sosial menyebutkan sebanyak 9 juta KPM dari program sembako non PKH memperoleh tambahan bantuan sebesar Rp 500 ribu dengan total anggaran sebesar Rp 4,5 triliun. Adapun untuk pencairannya dimulai pada bulan September 2020 saat ini.

Lalu apa saja persyaratan yang harus di perlukan bagi keluarga yang penerima BLT dari kemensos sebesar Rp 500 ribu ini. Berikut ini merupakan syarat untuk BLT Kemensos.

Baca juga: Cara dan Syarat Bantuan UMKM 2020 Rp 2,4 Juta

Syarat Keluarga Penerima BLT Kemensos

  • Bagi Penerima BLT Kemensos harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera dan bukan sebagai penerima Kartu Keluarga Harapan.
  • Proses pencairan BLT Kemensos akan langsung ditransfer ke Kartu Keluarga Sejahtera.
  • Bagi Pemegang Kartu bisa mencairkannya di ATM maupun Kantor cabang dan e-warung.

Diatas merupakan syarat yang harus kita ketahui kriteria keluarga yang mendapatkan bantuan dari kemensos. Untuk dapat mengetahui apakah kita termasuk dalam penerima BST maupun Bantuan Langsung Tunai sebesar Rp 500 ribu berikt langkah-langkahnya.

Cara Mengecek Bantuan Langsung Tunai PKH

  1. Yang pertama kita dapat langsung cek laman resmi https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/ atau dapat langsung klik Disini.
  2. Selanjutnya setelah masuk pada halaman beranda Kemensos, Untuk calon penerima keluarga BLT dapat menggunakan tiga alternatif cara melakukan penegecekan data pada Kemensos.
    – Yaitu dengan ID data terpadu kesejahteraan sosial.
    -Nomor Penerima bantuan Iuran (PBI), Jaminan Kesehatan (JK) maupun Peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Setelah identitas diri di isi, selanjutnya kita bisa langsung masukan ID atau nomor yang kita miliki dan mengisi nama lengkap pada kolom akhir.
  4. Kemudian kita masukan kode Captcha tepat dibawah layar kolom sesuai dengan karakter huruf yang tampil pada layar, selanjutnya klik tombol cari.
  5. Sistem yang ada pada laman cekbansos.siks.kemsos.go.id akan mencocokan data ID dan Nama yang dimasukan dan akan membandingkan antara nama yang masukan dengan nama yang ada pada database Kemensos.

Itulah syarat dan cara mengecek Bantuan Langsung Tunai dari kemensos sebesar Rp 500 ribu kepada keluarga yang menerima. Bagi anda yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera bisa langsung menegecek pada laman resmi dari Kemensos untuk mengetahui apakah termasuk dalam calon penerima BLT tersebut atau bukan.

Tinggalkan komentar