Cara dan Tips Menghemat Kuota Internet di Smartphone

Tips Menghemat Kuota Internet – Saat ini perangkat Smartphone dan Data Internet menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan, keduanya sangat dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi.

Dengan kehadiran smartphone dan di iringi kemajuan teknoogi media sosial sangat memudahkan berbagai kegiatan manusia, mulai dari berteman melalui media sosial, menjalin sebuah komunikasi melalui aplikasi chat, jual beli online, aktivitas mobile banking, mengakses sebuah hiburan dan yang lainnya dapat dilakukan dengan perangkat Smartphone dan data internet.

Data internet yang digunakan biasanya memiliki dua jenis yaitu diantaranya jaringan modem/provider dan jaringan WiFi, untuk jaringan provider sendiri terkadang kita sering cepat habis kuota sehingga tidak dapat lagi mengakses media sosial maupun kegiatan yang membutuhkan internet.

Kuota yang cepat habis dalam perangkat smartphone kita sendiri banyak dipengaruhi oleh beberapa hal, dimana tiap bit data yang dihasilkan dari server yang muncul pada layar pasti dihitung ujar Nurcahya “Dosen Teknologi Pendidikan Informasi dari Universitas Sebelas Maret.

Untuk Tips menghemat kuota Internet dapat dibagi menjadi 3, berikut ini merupakan Tips dari Nurcahya.

Tips Menghemat Kuota Internet

Dikutip dari Kompas.com  Berikut ini merupakan tips yang bisa anda lakukan untuk dapat menghemat kuota internet anda pada perangkat Smartphone.

1. Nonaktifkan Unduh dan Pembaruan Secara Otomatis

Cara dan Tips Menghemat Kuota Internet di Smartphone

Dalam perangkat smartphone anda tentu banyak aplikasi yang dipasang untuk digunakan dalam kegiatan sehari-harinya, aplikasi tersebut secara otomatis dapat memperbarui sistemnya. Selain aplikasi yang ada pada Smartphone, sistem perangkat ponselnya itu sendiri juga sering mengalami pembaruan.

Dengan aktivitas pembaruan pada perangkat ponsel anda tentu akan memakan banyak kuota internet, sehingga data internet akan cepat habis. Untuk melakukan penghematan dapat menonaktifkan pembaruan secara otomatis di pengaturan.

Selain itu juga sering terjadi unduh secara otomatis gambar maupun video pada aplikasi pesan populer. untuk mengatasi serta mengurangi penggunaan data, anda bisa melakukan cara tersebut dengan menonaktifkan auto update maupun auto download. Jika pada aplikasi WhatsApp dapat langsung melakukannya di pengaturan WA itu sendiri.

Auto update sistem serta aplikasi juga perlu dinonaktifkan hal ini agar penggunaan data internet anda tidak membludak dengan tiba-tiba. Dengan menonaktifkan fitur unduh maupun pembaruan otomatis tersebut anda dapat menghemat kuota Internet tersebut.

Jika anda membutuhkan pembaruan sistem maupun pengunduhan media, anda bisa mendapatkannya saat perangkat smartphone anda terhubung dengan jaringan Wifi.

2. Sistem Bersih

Cara dan Tips Menghemat Kuota Internet di Smartphone

Tips dan cara selanjutnya yang bisa anda coba untuk menghemat kuota internet yaitu dengan memastikan bahwa perangkat smartphone kita sudah bersih dari berbagai malware maupun virus. Untuk bisa mendapatkan perangkat smartphone anda yang bersih dari malware dan virus dapat memasang anti virus pada perangkat smartphone anda.

Dengan begitu perangkat ponsel anda dapat terhindah dari malware dan juga virus yang bisa menyerang perangkat anda, tentunya akan menghabiskan data internet yang dimiliki.

3. Fitur Pembatasan Data

Cara dan Tips Menghemat Kuota Internet di Smartphone

Yang terakhir anda dapat mengaktifkan sebuah fitur pembatasan data yang ada di masing-masing perangkat smartphone. Anda dapat menggunakan limiter penggunaan data yang biasanya tersedia di halaman pengaturan perangkat.

Saat fitur tersebut diaktifkan, anda akan diberitahu jika penggunaan data sudah melebihi batas yang sudah ditentukan. Dengan begitu tentunya anda bisa melakukan pemberhentian penggunaan data pada perangkat Smartphone yang akan memakan lebih banyak lagi data Internet.

Akhir Kata

Itulah ulasan singkat mengenai Cara dan Tips Menghemat Kuota Internet di Smartphone. Dengan cara dan tips yang bisa anda lakukan diatas, tentunya anda bisa menyimpan kuota internet anda untuk digunakan dalam kebutuhan akses internet lainnya.

 

Tinggalkan komentar