Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Bulan Januari 2021

Klaim Token Listrik Gratis PLN Januari –  Setelah sebelumnya pemerintah memberikan gratis dan subsidi token listrik pada pengguna listrik selama 9 bulan di tahun 2020, saat ini masyarakat kembali mendapatkan token listrik gratis kepada pengguna Listrik 450 Va maupun subsidi kepada pengguna 900 Va prabayar sebesar 50%.

Hal tersebut dilakukan pemerintah di tengah Corona Virus (Covid 19) yang melanda Dunia khususnya Indonesia. Diketahui, bahwa token listrik gratis akan di perpanjang sampai 2021 mendatang. Sehingga bagi masyarakat dapat kembali untuk melakukan klaim token listrik gratis untuk bulan januari yang dapat dilakukan mulai hari jumat tanggal 1 Januari 2021.

Untuk cara klaim token listrik gratis dapat dilakukan dengan mengunjungi laman resmi di www.pln.co.id maupun melalui Chat WhatsApp di nomor 08122123123.

Berikut ini Fiotekno akan mengulas cara mendapatkan Token listrik gratis bulan November 2020. Perlu kita ketahui token listrik gratis dan subsidi sebesar 50% hanya diberikan kepada pengguna listrik 450 VA dan 900 VA prabayar.

Baca juga: Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Lewat Wa Bulan Januari 2021

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Januari 2021

Melalui Laman Resmi PLN

Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN Bulan November 2020

  1. Yang pertama kita buka laman resmi PLN di www.pln.co.id atau dapat klik Disini.
  2. Kemudian klik Stimulus Covid 19.
  3. Selanjutnya masukan ID Pelanggan maupun nomor meter dalam kolom pencarian.
  4. Dan masukan kode captcha yang ada di bawah kolom pencarian dan kemudian klik cari.
  5. Token Listrik gratis maupun diskon sebesar 50% akan tampil dalam kolom keterangan.
  6. Pada kolom Token bisa dilihat nomor token yang didapatkan dan bisa langsung dimasukan ke kWh.
  7. Selesai.

Melalui Chat WhatsApp

Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN Bulan September 2020

  1. Yang pertama kita buka aplikasi WhatsApp
  2. Kemudian ketik nomor ID pelanggan dan kirimkan ke nomor 08122123123.
  3. Setelah itu muncul sebuah balasan pesan otomatis dari PLN dimana pesan tersebut memberitahu pengguna untuk ketik nomor 1.
  4. Setelah menjawab dengan mengetikan angka 1, PLN kemudian membalas untuk pengguna masukan ID pelanggan.
  5. Tidak lama setelah itu PLN akan mengirimkan token listrik pelanggan dan bisa langsung dimasukan ke kWh.

Tips Agar Klaim Token Cepat Berhasil tanpa Gangguan

Terdapat tips yang bisa kita lakukan agar klaim token gratis langsung berhasil untuk mendapatkan token bulan november 2020.

  1. Yang pertama usahakan kita klaim diluar jam sibuk atau dapat dilakukan malam hari.
  2. Kita bisa mengirimkan pesan ke WhatsApp PLN di dini hari maupun subuh.

Perlu kita ketahui bahwa yang mendapatkan listrik gratis hanya untuk pengguna berkapasitas 450 VA dan 900 VA bersubsidi, dimana bagi pelanggan 900 VA R1M atau yang tidak bersubsidi jelas tidak mendapatkan token gratis maupun subsidi sebesar 50% dari PLN.

Apabila kita tetap mengirimkan pesan WhatsApp kepada PLN maka kemungkinan tidak ada balasan untuk pesan tersebut karena tidak akan di respon. Lalu bagaimana cara mengecek apakah kita termasuk pengguna listrik yang mendapatkan subsidi 50% maupun gratis? Bagi pelanggan listrik pengguna 900 yang memiliki kode “M” pada kode struk tagihan listrik, maka tidak akan mendapatkan subsidi 50%. Hal tersebut karena kode “M” pada struk yang berarti mampu.

Cara Membedakan Listrik Subsidi dan Non-subsidi

Cek Subsidi

Kita dapat melihat pada struk pembayaran listrik sebelumnya, kemudian kita cek pada kolom tarif/daya. Apabila tertera R1 maka kita berhak mendapatkan diskon sebesar 50% untuk pembayaran listriknya.

Cek Non-subsidi

Kita dapat melihat pada struk pembayaran listrik sebelumnya, kemudian kita cek pada kolom tarif/daya. Apabila tertera R1M maka kita tidak berhak untuk mendapatkan diskon sebesar 50%.

Akhir Kata

Itulah cara klaim token listrik gratis PLN Bulan Januari 2021 yang dapat kita coba untuk mendapatkan token gratis, bagi pengguna listrik 450 VA prabayar maupun pascabayar tidak akan dikenakan biaya untuk pembayaran maupun pembelian token alias gratis. Namun bagi pengguna listrik 900 VA prabayar maupun pascabayar akan diringankan dengan subsidi sebesar 50%, yang artinya pelanggan hanya dikenakan biaya setengah dari penggunaan listriknya.

Tinggalkan komentar