Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis PLN Bulan Februari

Klaim Gratis Token Listrik – Seperti bulan-bulan sebelumnya, pada bulan Februari ini masyarakat yang merupakan pelanggan PLN kelompok tertentu masih bisa mendapatkan gratis serta subsidi tarif listrik dari pemerintah. Hal tersebut berdasakan ketentuan dari kementrian keuangan (kemenkeu), dimana subsidi listrik akan terus dilakukan hingga bulan Desember tahun 2021 mendatang.

Kemenkeu menganggarkan subsidi listrik tahun ini sebesar Rp 61,69 Triliun, dimana subsidi tersebut diberikan kepada pengguna listrik 450 VA (gratis) dan pengguna 900 VA (diskon 50persen). Subsidi yang diberikan pemerintah tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat golongan tertentu di tengah pandemi corona virus (covid-19).

Namun untuk dapat memastikan apakah kita termasuk dalam kategori pelanggan yang berhak untuk menerima subsidi, kita dapat memeriksa kembali rekening pembayaran listrik maupun pembelian token listrik terakhir. Apabila tertera kode “M”, maka kita di anggap mampu dan tidak berhak untuk mendapatkan subsidi tersebut, namun apabila hanya tertera R1 maka kita berhak mendapatkan subsidi tersebut. Berikut ini merupakan cara untuk klaim token listrik PLN.

Baca juga: Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Lewat Wa

Cara Klaim Token Listrik PLN Bulan Februari 2021

Untuk mengklaim token listrik memiliki dua cara yang bisa kita lakukan, diantaranya melalui website resmi pln dan juga melalui WhatsApp. Di bawah ini langkah-langkah klaim token listrik PLN.

Melalui Website Resmi pln.co.id

Cara Klaim Gratis Token Listrik PLN Bulan Desember

  1. Cara yang pertama dapat kita lakukan yaitu dengan mengakses halaman resmi dari PLN yaitu www.pln.co.id
  2. Apabila sudah masuk pada halaman pertama, selanjutnya kita klik menu “Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
  3. Berikutnya akan tampil beberapa tabel informasi yang harus kita isi, diantaranya yaitu idpel / no meter, nama, tarif, daya, dan kode captcha.
  4. Apabila semua sudah terisi, token gratis akan muncul pada layar.
  5. Setelah itu kita dapat memasukan kode token gratis tersebut pada metera yang memiliki nomer  sesuai dengan ID Pelanggan yang dimasukan sebelumnya.
  6. Selesai.

Melalui Pesan WhatsApp

Cara Klaim Gratis Token Listrik PLN Bulan Desember

  1. Cara yang kedua yaitu melalui pesan WhatsApp ke nomor yang sudah disediakan oleh pln, yaitu 08122 123 123.
  2. Yang perlu kita ketikan pada pesan pertama kali yaitu “Listrik Gratis”  atau ID pelanggan.
  3. Setelah itu kita akan menerima pesan yang ditampilkan pada layar, selanjutnya kita dapat mengikuti petunjuk yang ditampilkan pada layar mengenai token listrik gratis.

Kedua cara diatas dapat dilakukan oleh pelanggan yang ingin menggunakan sistem prabayar, bagi pelanggan pascabayar listrik gratis dan subsidi secara otomatis terpotong pada tagihan yang diberikan. Subsidi listrik ini akan diberikan sebagai stimulus kepada masyarakat kurang mampu yang terkena dampak perekonomian di tengah pandemi corona virus (Covid-19).

Kode Token Listrik Gratis dan Diskon 50%

Untuk pelanggan listrik 900 VA nonsubsidi tidak dapat token gratis maupun subsidi diskon sebesar 50%. sehingga bagi pelanggan rumah tangga 900 VA harus memeriksa, apakah termasuk dalam kategori 900 VA bersubsidi atau tidak. Berikut ini merupakan kode yang mendapat token listrik gratis.

  • R1/450 VA (Gratis)
  • R1T/450 VA (Gratis)
  • R1/900 VA (Diskon 50%)
  • R1T/900 VA (Diskon 50%)

Akhir Kata

Itulah cara yang dapat kita coba untuk mendapatkan token gratis maupun subsidi dari pemerintah. Kode tersebut dapat kita peroleh melalui dua cara yaitu dengan masuk ke website resmi pln dan melalui pesan WhatsApp.

Tinggalkan komentar