Cek Bansos Kemensos, Bantuan Sembako Senilai Rp 300 Ribu

Bansos Kemensos – Saat ini pemerintah Indonesia kembali memberikan bantuan melalui kementrian sosial kepada masyarakat terdampak pandemi corona yang sedang melanda Dunia. Terdapat 3 jenis bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat diantaranya bantuan bansos keluarga harapan, program sembako, dan bantuan sosial tunai dengan total mencapai 38,8 Juta penerima bantuan.

Anggaran yang akan disiapkan untuk bansos sembako ini mencapai Rp 42,5 Triliun yang akan diberikan kepada 18,8 Juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia. Bantuan ini akan disalurkan 4 Januari hingga Desember 2021 dengan 4 tahap pembagian yaitu bulan Januari, April, Juli dan Oktober.

Setelah sebelumnya pemerintah juga memberikan bansos sembako hingga Desember 2020, namun untuk saat ini bantuan tersebut memiliki mekanisme yang berbeda. Dimana pemerintah di tahun 2020 memberikan sembako, di tahun 2021 ini  menjadi bantuan langsung tunai (BLT) yang akan disalurkan melalui Rekening maupun pos sebesar Rp 300.000 mulai januari hingga april 2021.

Baca juga: Bantuan Kemensos 2021

Cara Cek Terdaftar Sebagai Penerima Bantuan

Cek Bansos Kemensos, Bantuan Sembako Senilai Rp 300 Ribu

Bagi masyrakat yang sebelumnya mendapatkan bantuan sosial sembako bisa kembali mengecek datanya melalui laman DTKS di https://dtks.kemensos.go.id/ atau bisa klik Disini.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Yang pertama bisa buka laman DTKS https://dtks.kemensos.go.id/.
  2. Selanjutnya klik Daftar Ruta (Rumah tangga) DTKS.
  3. Lakukan filter wilayah dengan mengisi Provinsi, Kabupaten/kota, kecamatan, dan Desa yang ada di bagian kiri.
  4. Selanjutnya masukan kode keamanan yang ada di gambar.
  5. kemudian klik cari Rumah tangga.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, secara otomatis DTKS akan menampilkan daftar Rumah tangga yang terdaftar sesuai wilayah yang sudah dicantumkan. Cari data nama kepala keluarga maupun salah satu anggota keluarga yang menerima, selanjutnya lihat pada kolom kepesertaan yang ada pada bagian kanan.

Apabila terdaftar sebagai penerima bansos sembako, maka status BSP akan Tertulis “YA”. Selain itu, DTKS juga bisa digunakan untuk melakukan pengecekan status kepesertaan BST dan PKH.

Tidak Boleh di Pakai Beli Rokok

Seperti yang disampaikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini mengingatkan kepada penerima BLT bansos untuk tidak menggunakan uang tersebut membeli rokok. Hal tersebut di intruksikan langsung oleh Presiden joko widodo.

Apabila ditemukan penerima bantuan menggunakannya untuk membeli rokok, pemerintah akan tegas untuk melakukan evaluasi. Karena menurut Risma jangan sampai bantuan ini untuk kesehatan namun ada masalah kemudian karena digunakan untuk membeli rokok.

Kementrian Sosial pada bulan februari akan melakukan persiapan tools mekanisme untuk mengetahui pembelanjaan uang bansos oleh penerima bantuan.

Baca juga: Cara Daftar dan Cairkan Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai Cek Bansos Kemensos, Bantuan Sembako Senilai Rp 300 Ribu. Semoga dengan kembalinya bantuan dari kemensos ini bisa membantu masyarakat yang terdampak virus corona. Untuk informasi mengenai bantuan kemensos selengkapnya bisa kunjungi Fiotekno.com.

 

Tinggalkan komentar