Penyebab Laptop/PC Lemot atau lag, & Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop/PC Lemot atau lag – Laptop lemot memang salah satu hal yang sangat menyebalkan bagi kita, karena selain menghambat sebuah pekerjaan laptop lemot juga menghabiskan waktu dalam menggunakannya.

Meskipun banyak yang membahas mengenai cara mengatasi laptop lemot tapi sedikit yang membahas penyebab dari laptop lemot ini sendiri sehingga kita tidak akan mengetahui penyebabnya.

Mengapa laptop lemot/lag? Pertanyaan ini menjadi sebuah pertanyaan yang tidak bisa terjawab dengan tuntas, padahal mengetahui penyebab laptop lemot menjadi hal yang sangat penting untuk cara mengatasinya.

Namun pada kesempatan kali ini Fiotekno.com akan mencoba membahas dan juga mengulas beberapa penyebab ldari aptop lemot yang banyak sekali kita jumpai selama ini.

Bagi anda yang sedang mengalami laptop lemot bisa mengikuti penjelasan dibawah ini dengan lengkap. Berikut ini merupakan penyebab dari laptop lemot dan cara mengatasinya.

Baca juga: Download Alight Motion Pro Mod Apk Gratis

Penyebab Laptop Lemot/Lag

Penyebab Laptop/PC Lemot atau lag, & Cara Mengatasinya

Laptop yang lemot memiliki 2 faktor secara umum, yaitu faktor dari softwarenya dan faktor dari hardwarenya itu sendiri. Sehingga perlu kita bahas satu per satu untuk mengatasi masalah tersebut.

Faktor Software

Pada faktor yang disebabkan oleh Software ini biasanya terjadi karena penggunaan software yang tidak tepat dan adanya setting yang tidak optimal. Beberapa dari pengguna terkadang tidak sadar software yang diinstall olehnya, sehingga ada beberapa software yang tidak terpakai namun servicenya tetap berjalan di Background sehingga menambah beban laptop dan menyebabkan laptop itu sendiri menjadi lemot.

Hal ini apabila semakin banyak software yang terinstall maka akan semakin banyak service yang berjalan sehingga menyebabkan laptop itu sendiri menjadi loading.

Baca juga: Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp Web pada Desktop

Cara Mengatasi Laptop Lemot yang disebabkan Oleh Software

  1.  Yang pertama dengan mematikan service yang berjalan di background.
  2. Uninstall software yang tidak berjalan.
  3. Melakukan Update Software atau update driver.
  4. Dan cara yang paling ampuh yaitu menginstall ulang Operating Systemnya.

Faktor Hardware

Pada faktor yang disebabkan oleh Hardware ini ada 3 komponen yang mempengaruhi lemot pada laptop yaitu:

  1. Processor.
  2. Memori (Ram)
  3. Hardisk

Ketika ketiga komponen tersebut sudah underspek, misalnya sudah terlalu lama maka ini juga bisa menyebabkan kemampuan laptop akan menurun dan laptop menjadi lemot.

Contohnya kita memiliki sebuah laptop yang sudah dibeli 10 tahun yang lalu, meskipun secara operasional masih bisa namun biasanya laptop dengan spesifikasi yang lama ini sudah ketinggalan spek ketika diinstall dengan software-software yang baru.

Sehingga sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan software maupun aplikasi yang baru dan ini akan menyebabkan laptop lemot ataupun laging ketika aplikasi tersebut dijalankan. Jadi pada saat menginstall aplikasi software sebaiknya anda membaca requirement atau minimum standar requirementnya.

Jangan sampai anda menginstall software yang terlalu tinggi sedangkan laptopnya tidak mampu dipasang software tersebut.

Faktor lainnya karena terjadi kerusakan hardware contohnya seperti memori nya yang rusak, atau hardisknya yang rusak maupun terdapat komponen lain yang mengalami kerusakan yang bisa menyebabkan laptop menjadi lemot.

Baca juga: Cara Merubah Background Foto Menggunakan Photosop dengan Mudah

Cara Mengatasi Laptop Lemot yang disebabkan Oleh Hardware

  1. Cara yang pertama tentu anda harus melakukan Upgrade apabila masih memungkinkan, misalnya ketika laptopnya sudah ketinggalan dari sisi memory anda bisa mengupgrade memory dengan menambahkan memory kedalam laptop sehingga kaasitasnya akan menaik.
  2. Cara lain misalnya anda mengganti hardisk menjadi SSD yang tentu saja ini akan menjadi signifikan pengaruhnya terhadap kinerja laptop anda.

Akhir Kata

Demikian mengatasi penyebab laptop lemot yang dapat Fiotekno.com ulas, mengatasi penyebab dari hardware cenderung memerlukan biaya, sedangkan mengatasi laptop dari faktor software tidak selalu mengeluarkan biaya. Terkadang kita bisa menyelesaikan masalah lemot dengan mengoptimalkan di setting softwarenya. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat khususnya bagi temen-temen yang masih awam dan pemula, terimakasih telah mengikuti artikel ini sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Baca juga: Huawei Merilis Matebook D 14 & MateBook X Pro Pertama di Indonesia dengan Fitur Canggih.

Tinggalkan komentar